Minggu, 25 November 2012

Masa-Masa Awal Kedatangan Sang Buah Hati

Anak Saya Begitu Lahir

Saat pertama sekali melihat si kecil yang baru lahir pasti merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi diri anda. Mungkin anda akan merasakan campuran lelah, gembira, panik dan syok, tapi tak ada respons tertentu yang benar atau pun salah, biarkan saja saat ini mengalir dan sambutlah si buah hati dengan cara yang terasa alami bagi anda.

Seperti Apa Buah Hati Anda :

Anak Saya Sesudah Di Bersihkan

Jangan kaget jika bayi terlihat agak aneh saat lahir, bahkan mungkin jauh dari bayangan anda. Saat baru lahir, tubuhnya berwarna ungu-kebiruan, tapi tak perlu panik. Setelah menarik nafas pertamanya, warna tubuhnya akan berubah merah muda kemerahan. Tangan dan kaki nya mungkin tetap kebiruan untuk sementara karena peredaran darahnya belum sempurna.

Jika anda melakukan persalinan vaginal, kepala bayi akan terbentuk oleh saluran lahir dan terlihat lonjong, bahkan cenderung tirus. Setelah beberapa hari, kepalanya mulai kembali ke bentuk yang normal dan ia takkan mirip dengan makluk luar angkasa lagi. Jika kelahirannya dibantu vakum, kulit kepala tempat alat itu dipasang akan bengkak membentuk lingkaran. Jika persalinan dibantu forsep, bagian samping kepala bayi mungkin lebam dan bengkak. Namun, bekas ini akan segera hilang.

Alat kelamin si kecil mungkin akan terlihat bengkak dan bayi perempuan terkadang memiliki bercak vaginal. Baik bayi laki-laki maupun bayi perempuan dapat memiliki buah dada yang bengkak dan bahkan mengeluarkan susu dari puting mereka. Ciri-ciri fisik ini tidak perlu anda khawatirkan. Ini semua disebabkan oleh hormon anda yang bersirkulasi di tubuh si bayi dan akan segera menghilang dengan sendirinya. Kulit si kecil mungkin akan dilapisi verniks, suatu lapisan putih berminyak yang melindungi kulitnya saat diselubungi oleh cairan amniotik. Tanpa lapisan tersebut, kulitnya akan bereaksi sama seperti milik anda jika anda mandi berendam terlalu lama. Jika bayi anda terlambat lahir, kulitnya mungkin akan agak kering karena verniks tersebut telah terserap. Beberapa bayi lahir dengan rambut halus di sekujur tubuh mereka, disebut lanugo, yang akan segera lepas dengan sendirinya. Semakin dini buah hati anda lahir, kemungkinan semakin banyak lanugo yang ia miliki. Jika anda menatap matanya, jangan kaget bila warnanya berbeda dengan warna mata anda dan keluarga. Kebanyakan bayi ras kulit putih memulai hidup dengan mata biru tua, sementara bayi Asia dan Afro-Karibia umumnya memiliki mata abu-abu tua atau cokelat. Setelah 12 minggu, mata bayi anda akan berubah warna jika memang akan terjadi suatu perubahan. Namun begitu, kemungkinan anda tidak akan melihat warna akhirnya sampai si kecil berusia 1 tahun.

Perasaan Anda Akan Si Buah Hati :

Usia Kandungan Genap 7 Bulan 

Manusia kecil ini telah menggeliat, menendang, dan bahkan mungkin cegukan di dalam tubuh anda selama berbulan-bulan. Sudah sewajarnya anda mempunyai bayangan akan karakter si kecil. Tapi bagaimana jika anda menantikan bayi perempuan dan si buah hati ternyata laki-laki? Atau si mungil tidak terlihat seperti yang anda bayangkan? Anda mungkin akan merasa sangat emosional atau bahkan mungkin merasakan hanya sedikit emosi saja. Walau ada orang tua yang jatuh cinta pada buah hati mereka dengan seketika dan mengatakan "mengenali" si buah hati begitu ia lahir, banyak yang memerlukan waktu lebih lama. Ini sangatlah normal, anda belum pernah bertemu si kecil sebelumnya dan ia mungkin seperti seorang yang asing. Tenang saja dan biarkan semua berjalan secara alami. Anda akan menemukan bahwa ikatan batin di antara anda dan si kecil namun akan tumbuh secara bertahap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar